Sedikit dibayar, tapi menyenangkan – Lyrical Brazil
hongkong

Sedikit dibayar, tapi menyenangkan – Lyrical Brazil

Lirik dari “A Little Wins, But It’s Fun” oleh Wilson Batista dan Ciro de Souza, dirilis oleh Aracy de Almeida (1941)

___
Dia bekerja dari Senin hingga Sabtu // Dia bekerja dari Senin hingga Sabtu
Dengan senang hati tanpa mengeluh // Dengan senang hati tanpa mengeluh
Tapi pada hari Minggu dia melepas overall-nya // Tapi pada hari Minggu dia menanggalkan overall-nya
Tandai gubuk, bawa keluarga ke samba // Hiasi gubuk dan bawa keluarga ke samba
Di sana di atas bukit dia melukis tujuh // Di atas bukit dia memotongnya
Tidak ada yang main-main dengan dia // Tidak ada yang main-main dengan dia
Tidak ada yang palsu // Di atas tidak ada yang palsu
Anda tidak menghasilkan banyak, tapi menyenangkan // Uang sedikit, tapi menyenangkan

Dia terlahir sebagai sambista // Dia terlahir sebagai sambista
Dia memiliki urat nadi artis itu // Dia memiliki urat nadi artis itu
Kartu Cadangan // Kartu Cadangan
Apakah baik-baik saja dengan tuan tanah…// Berperilaku baik dengan pihak berwenang
Tidak bisa mendengar rebana, tidak // Dia tidak bisa mendengar rebana
Penuh dengo // Dia membengkak dengan dego*
Ini adalah penggemar Flamengo // Dia adalah penggemar Flamengo
Lahir di Rio de Janeiro // Lahir di Rio de Janeiro…

– Komentar –

Sedikit dibayar, tapi menyenangkan – Lyrical Brazil
Wilson Batista, 1957. Gambar melalui Instituto Moreira Salles, koleksi José Ramos Tinhorão.

Inilah entri yang lebih cerah untuk seri Lagu Minggu: tidak ada jejak minggu, atau suasana hari Minggu yang melankolis, dalam karya klasik Wilson Batista (1913 – 1968) dan Ciro de Sousa (1911-1995).

Samba ini adalah contoh khas tentang bagaimana Batista — seorang yang sempurna penipu komposer terkenal karena perselisihannya dengan Noel Rosa atas seluk-beluk tipu daya dan samba (tentang itu, lihat, misalnya, posting ini di “Lenço no Pescoço“) — dimainkan untuk tuntutan rezim Vargas (1930-45) agar lirik samba mempromosikan jenis pekerja warga terhormat yang diproyeksikan Vargas sebagai Brasil ideal .

Tangkapan Layar 02-11-2019 pukul 16.45.14
Rilisan “Ganha-se Menos, Mas Divô” oleh Aracy muncul setelah kesuksesan luar biasa dari “Oh, Seu Oscar!” karya Batista dan Ataulfo ​​​​Alves, yang memenangkan kontes samba DIP pada tahun 1940. Gambar via Dari Rio koleksi, 1940.

Memang, Batista bahkan menyuarakan dukungan untuk penyensoran sambanya oleh pemerintah. Seperti yang ditulis oleh Bryan McCann Halo, Halo, Brasil, Batista pernah mengomentari sensor era Vargas di lembaga pemerintah paling fasis, Departemen Pers dan Propaganda [DIP]: “Terkadang DIP menyensor lirik saya. Saya kesal, tetapi kemudian saya menyadari bahwa mereka benar. Harus ada kontrol.”

Batista menyadari bahwa komposer bermain dengan baik sesuai aturan rezim. Pada tahun 1940, samba Batista dan Ataulfo ​​Alves “Oh, Seu Oscar!” — tentang seorang pria pekerja keras yang dibebani oleh seorang istri keliling — memenangkan kontes samba yang disponsori DIP, mendorong dua komposer Afro-Brasil ke puncak popularitas baru dengan penggemar dan artis rekaman.

Tetapi bagi siapa pun yang akrab dengan kehidupan Batista, sulit untuk membaca pernyataan seperti itu di atas sebagai sesuatu selain lidah-di-pipi, dan hal yang sama berlaku untuk banyak syairnya.

Sebenarnya, lagu ini hampir baris demi baris mewujudkan ketegangan antara dua kehidupan dan gaya hidup yang digambarkan dalam samba Batista: seorang pekerja terhormat yang benar-benar terlahir sebagai sambista; seorang pria keluarga yang memerintah — selama dia tidak mendengar pandeiro.

*Kata keturunan Afro dengo sulit untuk diterjemahkan tetapi berarti sesuatu seperti menyayangi keterikatan dan belaian; di sini dapat diambil sebagai sesuatu yang sedikit lebih seperti gairah yang berapi-api. Yang terpenting, lagu ini memberikan rima yang brilian dengan “torcida do Flamengo,” tim sepak bola paling populer di Rio bukit, di mana Wilson Batista memang penggemar setia. (Lihat, misalnya, “Samba Rubro-Negro” 1955 miliknya — Samba untuk Merah & Hitam.)

Tangkapan Layar 02-11-2019 pukul 16.15 WIB
Aracy de Almeida, dalam sebuah foto yang diterbitkan di majalah Carioca pada tahun 1935, dengan judul: “Aracy de Almeida, salah satu tokoh ‘penyiaran’ kami yang paling terkenal…”

Aracy de Almeida (1914-1988) adalah penyanyi yang sangat populer di tahun 1930-an – 50-an yang karir rekamannya menjadi pusat kisah kebangkitan samba sebagai suara nasional Brasil selama era Vargas. Gaya menyanyinya yang khas dan sengau disukai oleh penonton dan kritikus. Mário de Andrade, salah satu intelektual dan musikolog modernis abad ke-20 paling terkemuka di Brasil, mengidentifikasi timbre sengau sebagai penanda utama ke-Brazilan, dan berkomentar bahwa Almeida adalah “nasal yang panas, sensual, dan lezat. kop [timbre]sangat carioca.”

Almeida dikenal luas di Brasil sebagai “suara Noel Rosa,” dan rekamannya atas “OX do Problema” Rosa menjadi ciri khasnya. Namun seperti yang ditunjukkan Pedro Paulo Malta dan Rodrigo Alzuguir (penulis biografi Batista) dalam serial dokumenter yang sangat bagus tentang Aracy de Almeida ini, Wilson Batista sebenarnya adalah komposer yang paling banyak direkam oleh Aracy; memang, dia merekam lebih banyak dari hampir 600 komposisi Wilson daripada artis rekaman lainnya.

Ciro_de_Sousa
Ciro de Sousa, gambar melalui Koleksi Majalah Cinearte, 1938.

Komposer favorit lain dari Aracy adalah Ciro de Sousa, partner Batista dalam lagu ini. Saat de Sousa mengingat kisah lagu ini, suatu hari dia berada di pintu masuk Café Nice — tengara dalam sejarah budaya samba dan carioca di tahun 1930-an dan 40-an — ketika Batista tiba, bersemangat dengan samba yang dia mulai. bus. Batista menyanyikan bait pertama hingga “tira o macacão” (ia menanggalkan bajunya) dan Ciro menambahkan “embandeira o barracão” (menghias — secara harfiah dengan bendera kecil — gubuk), dan keduanya terus menulis dari sana. Aracy merilis samba pada Agustus 1941, dengan dukungan indah dari Pixinguinha, pada seruling, dan Iblis dari Surga.

Wilson Batista, pada bagiannya, menunjukkan penemuan melodi yang begitu cemerlang tanpa pelatihan atau instrumen selain kotak korek api sehingga pianis Custódio Mesquita, salah satu komposer populer yang terlatih secara klasik terbesar abad ke-20, menjulukinya “Maestro Caixa de Fósforos,” sang Maestro kotak korek api. Dan seperti yang telah saya sebutkan di posting sebelumnya, di tahun 1970-an, Paulinho da Viola mengatakan dia menganggap Wilson Batista sebagai sambista terhebat sepanjang masa. Paulinho telah merekam sejumlah komposisi Batista, termasuk yang paling terkenal “Chico Brito” dan “Meu Mundo é Hoje.”

Cristina Buarque menjadikan “Ghan-se Little, But It’s Fun” sebagai judul lagu dari album penghormatan Batista tahun 2000-nya. Dan pada tahun 2017, Hermínio Bello de Carvalho memproduseri album untuk menghormati seratus tahun Aracy (proyek yang telah dia kerjakan selama bertahun-tahun), dengan Marcos Sacramento pada vokal dan Luiz Flávio Alcofra pada gitar. Inilah medley yang indah dari album terbaru “Engomadinho,” oleh Pedro Caetano dan Claudionor Cruz, dan “Ganha-se Pequena, Mas Diverntado”:

Diterbitkan oleh lirisbrasil

Nama saya Victoria Broadus dan saat ini saya tinggal di Washington, DC, mengejar gelar PhD dalam Sejarah di Universitas Georgetown. Saya belajar bahasa Portugis saat bekerja untuk meraih gelar Master di Georgetown pada 2008/09, yang juga ketika saya mulai bepergian ke Brasil. Saya memulai situs ini pada akhir 2011 ketika saya tinggal di New York City, merindukan Brasil tetapi beruntung dikelilingi oleh banyak peluang bagus untuk mendengar musik Brasil. Saya ingin berbagi musik itu dengan teman dan keluarga dan pembaca lain di luar sana yang bertanya-tanya apa maksud lagu yang mereka dengarkan, dan mengapa. Dari 2012-2017 saya tinggal di Brasil — pertama São Paulo selama satu tahun, lalu Rio selama hampir lima tahun — sebelum kembali ke Amerika Serikat untuk program PhD saya. Karena tuntutan program PhD, saya belum bisa memposting sesering yang saya mau, tetapi saya masih menulis kapan pun saya bisa dan ketika inspirasi datang! Tolong beri tahu saya jika ada lagu yang ingin Anda terjemahkan atau ingin Anda dengar lebih lanjut. Anda dapat meninggalkan komentar di sini atau di mana pun di situs ini, atau di halaman Facebook. Anda dapat mengikuti blog dengan mengklik “Ikuti” di bagian bawah halaman utama, dan ikuti posting blog dan pembaruan lainnya di Facebook: www.facebook.com/lyricalbrazil. Lihat semua posting oleh lyricalbrazil

Menurut data statistik yang sudah kita kumpulkan berasal dari th. 2021 hingga sekarang, permainan judi togel sgp selalu ramai di mainkan. Walau kebanyakan bandar terima sedikitnya bet sebesar 1.000, namun kuantitas total taruhan hk prize data sanggup menggapai angka satu miliar tiap-tiap harinya. Tentu saja angka yang sangat fantastis sekali, hal selanjutnya terhitung di karenakan permainan ini sangatlah enteng dimainkan. Melakukan taruhan togel singapore hari ini termasuk sangatlah ringan dan tidak wajib ribet.